Table of Content

Sebaik-baik rezeki adalah yang tidak melalaikan dari ibadah kepada Allah Ta'ala

Alhabib Quraisy Baharun

REZEKI TERBAIK

Alhabib Quraisy Baharun

Sebaik-baik rezeki adalah yang tidak melalaikan dari ibadah kepada Allah Ta'ala dan tidak membuat manusia sewenang-wenang kepada sesama.

Allah Ta'ala membatasi rezeki manusia untuk kebaikan mereka. Dia menjadikan kaya orang yang berhak menjadi kaya, dan menjadikan fakir orang yang berhak menjadi fakir sesuai dengan ilmu-Nya.

Andai seluruh rezeki diberikan kepada manusia dengan jumlah banyak dan tanpa batas, pastilah manusia lupa kepada-Nya. (Kecuali yang dirahmati Allah Ta'ala)

Allah Ta'ala berfirman,

وَلَوْ بَسَطَ اللَّهُ الرِّزْقَ لِعِبَادِهِ لَبَغَوْا فِي الْأَرْضِ وَلَٰكِنْ يُنَزِّلُ بِقَدَرٍ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّهُ بِعِبَادِهِ خَبِيرٌ بَصِيرٌ

"Dan jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat." (QS. Asy-Syura 27)

Oleh karena itu, umat Muslim jangan sampai tidak bisa membedakan mana rezeki yang haram dan halal. Sesuatu yang haram tidak akan memberikan manfaat. Lebih baik rezeki sedikit tapi halal dan berkah.

Bagaimana ciri-ciri rezeki yang berkah itu? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini.

CIRI-CIRI REZEKI YANG BERKAH

Rezeki yang berkah merupakan hal yang penting bagi umat Muslim. Adapun ciri-cirinya menurut Anatoli Dzikri Al Indragiri dalam bukunya Cerdas Uang Zaman Sekarang adalah sebagai berikut:

1. Merasa cukup dan bersyukur atas nikmat yang Maha Pemurah

Umat Muslim diwajibkan untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah diberikan, mulai dari nikmat harta hingga hidup. Masih bisa bangun dan bernapas di pagi hari merupakan salah satu bentuk nikmat yang tidak ada bandingannya.

Hal ini telah disebutkan dalam Alquran, salah satunya yaitu pada Surat Al-Baqarah ayat 172, yang berbunyi:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu. Dan bersyukurlah kepada Allah jika memang hanya Dia yang kamu sembah.” (QS. Al-Baqarah:172)

2. Hati tenang dan semakin dekat dengan Allah

Dengan hati yang tenang dan selalu menyertakan Allah SWT dalam setiap niat dan ikhtiar melakukan pekerjaannya, InsyaAllah selalu dicukupkan rezeki oleh Allah SWT. 
Selain itu, Allah akan selalu memberi jalan keluar dari setiap persoalan hidup dan memberi rezeki dari jalan yang tak terduga.

Allah SWT berfirman:

"Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluanya.” (QS. At-Thalaq:2-3)

3. Kaya dengan bersedekah

Harta tidak akan berkurang jika selalu digunakan untuk bersedekah. Karena dengan bersedekah harta menjadi berkah. Semakin banyak yang disedekahkan, semakin banyak juga yang Allah berikan.

Salah satu ciri dari rezeki yang berkah adalah bertambahnya rezeki, seperti yang telah dijelaskan dalam Alquran pada Surat Saba, yang berbunyi:

“Katakanlah, sesungguhnya Tuhanmu melapangan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba Nya. Apapun infak yang kalian infakan maka Allah pasti akan menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki.” (QS. Saba:39)

Semoga Allah melapangkan pintu rezeki kita dan menjadikan kita tetap istiqomah dalam beramal ibadah

sumber :(FP) Alhabib Quraisy Baharun

Posting Komentar